PERAWATAN MOBIL ANDA CUKUP DETAILING ATAU COATING, MANA YANG TERBAIK?

  • by

Mobil sebagai asset berharga, perlu dilakukan perawatan agar awet dan enak dilihat. Ada berbagai perawatan yang bisa dilakukan, diantaranya dengan mencucinya secara rutin, dibawa ke auto detailing, dan terakhir dengan dilapis coating.

  1. Mencuci Mobil

Aktifitas ini mudah dilakukan, bisa dikerjakan sendiri atau dibawa ke carwash terdekat. Mencuci mobil memang membuat mobil terlihat bersih, namun tidak bisa menghilangkan jamur, baret, dan kotoran/bahan kimia tertentu yang menempel di permukaan cat mobil.

  1. Auto Detailing

Detailing adalah proses cleaning dan paint correction bertujuan untuk mengembalikan warna cat asli menjadi bening seperti kaca Kembali. Pekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memang ahli dibidang ini. Tentunya semua kotoran yang menempel di permukaan cat mobil hilang melalui proses dekontaminasi, Adapun baret-baret halus dan sedang akan dikoreksi melalui proses paint correction yaitu compounding dan polishing.

  1. Coating Mobil

Coating Mobil adalah proses melapisi bodi mobil dengan cairan khusus (umumnya berbahan SIO2 atau Silika) yang akan curing/mengering pada waktu tertentu sehingga membentuk lapisan keras berbentuk kaca dengan ketebalan 2-3 mikron per layernya. Sehingga dapat dikatakan coating pada dasarnya adalah sebagai proteksi bodi mobil dari gangguan dari luar. Semacam kita pake lotion saat keluar rumah, namun cairan coating akan mengeras dan tahan lama.

Tentunya dari aspek biaya akan berbeda dari ketiga jenis perawatan mobil di atas. Namun tulisan ini tidak akan membahas tentang mencuci mobil, tapi ditekankan pada diskusi memilih antara Detailing dan Coating, mana yang terbaik buat Anda.

Kenapa kedua jenis perawatan ini kami angkat? Karena masih ada banyak pertanyaan, perawatan mobil sebabaiknya cukup dengan detailing atau coating juga?

Ada 4 Faktor menjadi pertimbangan untuk memilih diantaranya keduanya, yaitu :

  1. Budget

Budget adalah faktor utama untuk menentukan jenis perawatan mobil. Bagi Anda yang memiliki budget berlebih, sebaiknya lakukan Detailing dan Coating sekaligus pada mobil kesayangan Anda. Karena Mobil selain bersih dan bening juga akan terproteksi dalam jangka pangjang sesuai jenis coating yang dipilih. Ada yang memiliki duraibility 2-3 tahun, 5 tahun, bahkan ada yang 8 tahun. Coating selain membuat kendaraan menjadi lebih kilap, juga melindunginya dari baret dan jamur menempel.

Sebaliknya bagi Anda yang memiliki budget minim, detailing saja dapat menjadi pilihan, harga paket detailing bodi mobil saja saat tulisan ini dibuat berkisar 1,5 jutaan. Anda cukup melakukan detailing 2 tahun sekali dan selalu lapisi dengan cairan wax/sealent setelah mobil dicuci, maka mobil akan selalu tampak kilap juga.

  1. Kondisi Mobil

Jika Kondisi mobil sudah banyak baret, warna buram, permukaan cat kasar karena banyak kotoran/aspal/bahan chemical menempel maka sebaiknya segera lakukan perawatan detailing di salon terdekat (tapi yang terbaik ya), apakah setelah dilakukan detailing mobil di coating. Iya sebaiknya demikian, karena setelah detailing kondisi mobil khan bening lagi seperti kaca, jika dilapis coating maka mobil akan terlindungi dalam waktu lama, selain itu juga akan memudahkan anda melakukan perawatan setelahnya.

Bagaimana dengan kondisi mobil baru? Khusus mobil baru tidak perlu dilakukan detailing, karena secara keseluruhan masih bagus dan tidak ada baret/kotoran menempel. Namun, mobil baru sebaiknya tetap dicoating karena lapisan coating akan melindungi cat mobil dari baret, jamur, dan kotoran lain menempel.

  1. Tipe Owner

Jikalau Anda adalah tipe orang yang sibuk tapi ingin mobil selalu terlihat bening seperti kaca, maka coating mobil adalah jawabnya. Namun jika Anda merasa mobil hanya untuk dipake antar jemput seharian, tidak perlu bagus-bagus amat maka bisa jadi Anda tidak butuh keduanya. Anda cukup rajin membawa mobil Anda ke tempat cuci secara rutin.

  1. Lingkungan

Lingkungan juga berpengaruh terhadap kondisi tampilan kendaraan. Anda yang tinggal di daerah pantai atau sering melewati tepi pantai, maka sebaiknya mobil dicoating. Lapisan coating akan melindungi cat mobil dari cipratan atau uap air laut. Karena air laut mengandung garam, ini sangat beresiko menyebabkan korosi/karat. Demikian juga bagi Anda yang berada di daerah industry kimia, maka untuk melindungi kendaraan dari asap kimia sebaiknya lindungi mobil dengan lapis coating.

 

Kesimpulan bahwa detailing dan coating penting dalam merawat kendaraan Anda agar selalu terlihat kilap dan bening. Namun untuk menentukan mana yang paling cocok buat Anda, sangat tergantung pada budget, kondisi mobil, keinginan Anda pribadi, dan factor lingkungan sekitar. Namun penulis sarankan sebaiknya mobil dilakukan detailing dan coating sekaligus, karena banyak sekali Keuntungan bisa Anda dapatkan dari detailing dan coating mobil.

Salam Suksesmulia.

 

Penulis : Sutikyess

(owner Spyder Premium Coating)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *