CEGAH BODI MOBIL BARET, LAPISI NANO COATING SOLUSINYA

  • by

Siapa yang tidak kuatir mobil baret apalagi saat melewati kondisi jalanan macet, mobil dan motor saling berdempetan satu sama lain. Namun kini Anda tidak perlu galau karena sudah ada solusi untuk melindungi bodi mobil dari baret.

Sebelumnya kita perlu mengenal beberapa jenis baret pada bodi mobil. Baret berdasarkan kedalamannya terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu :

  1. Baret Halus
  2. Baret Sedang
  3. Baret Dalam

Baret Halus atau Swirlmarks sekilas tidak terlihat kecuali setelah diamati dengan lebih teliti dengan cara mendekati permukaan cat dan menggunakan penerangan seperti cahaya matahari atau batrey. Baret jenis ini hanya terjadi pada permukaan lapisan Clear Coat bisa diakibatkan oleh proses cuci mobil yang tidak benar atau terkena ranting pohon, kuku, atau benda tajam lainnya.

Baret Sedang terlihat dengan jelas tapi tidak merusak lapisan cat asli. Hampir sama dengan Baret halus, hanya terjadi pada lapisan clear coat tapi intensitasnya lebih dalam. Penyebabnya juga sama karena goresan benda tajam, kuku, atau benda lain.

Baret Dalam adalah goresan  yang paling parah karena selain terlihat dengan jelas, juga sudah merusak lapisan cat asli. Cat asli terkelupas sepanjang goresan, yang bisa diakibatkan oleh gesekan dengan kendaraan lain, ditabrak atau karena benda tajam.

Bagimana cara mengatasi baret diatas? Terdapat beberapa solusi berdasarkan tingkat kedalaman goresan, yaitu :

1. Cutting/ Kompon

Cara paling efektif menghilangkan baret ringan pada mobil adalah dengan menggunakan kompon. Baret halus dan Sedang bisa dihilangkan dengan sistem cutting. Kandungan zat abrasif pada kompon dapat menghaluskan baret, sehingga membuat bodi mobil terlihat lebih halus. Produk tipe kompon sangatlah cocok untuk menghilangkan goresan yang tidak terlalu dalam. Aplikasi kompon bisa dilakukan secara manual atau dengan alat. Cukup dengan menggunakan kain halus untuk sistem manual, ini cocok untuk kondisi baret halus atau sedang yang jumlahnya sedikit di bodi mobil. Tapi jika kondisi baret banyak dan luas maka disarankan menggunakan mesin poles (rotary), agar lebih cepat dan tidak terlalu capek

2. Polishing

Polishing atau Poles sangat cocok untuk menghilangkan baret sedang, atau menghilangkan jamur/kotoran yang tetap menempel di bodi mobil setelah proses cuci. Polishing juga adalah tahap detailing yang bertujuan untuk menghilangkan atau menutupi cacat-cacat di permukaan cat kendaraan, serta menghaluskan permukaan kendaraan. Polishing biasanya dilakukan setelah compounding, sanding (pengamplasan), atau proses sejenisnya yang bersifat mengikis lapisan clear coat.

Lazimnya Poles dilakukan melalui 3 tahapan (multistep), tahap 1 menggunakan hard compound untuk menghilangkan baret dan jamur yang membandel, setelah itu dilanjut tahap 2 dan 3 dimana sifat bahannya lebih soft. Tujuannya untuk memperhalus permukaan bodi mobil dan mengembalikan warna asli kendaraan.

3. Repaint

Pada kasus baret yang sudah sangat dalam, dimana telah merusak lapisan cat asli. Maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengecat ulang kendaraan (repaint). Pekerjaan ini bisa dikatakan cukup sulit karena harus menyamakan cat baru dengan cat lama yang ada di bodi mobil. Sebaiknya serahkan pada bengkel cat mobil untuk pengerjaannya

Selanjutnya apabila mobil sudah bebas dari baret, jamur, dan warna cat asli muncul Kembali, maka alangkah baiknya jika mobil diproteksi dengan memberikan lapisan Nano Ceramics. Lapisan ini pada awalnya berbentuk cair, setelah dioleskan ke seluruh bodi mobil dalam waktu tertentu akan mengeras seperti lapisan kaca.

Berikut Kelebihan Mobil dengan lapisan Nano ceramic :

    1. Lapisan Kaca nano ceramic melindungi bodi mobil dari baret halus dan sedang
    2. Memberikan Efek Hydrophobic atau efek daun talas sehingga air tidak menempel di bodi mobil, karena air yang mengandung mineral tinggi menyebabkan jamur yang merusak bodi mobil
    3. Tampilan mobil menjadi lebih Gloss
    4. Melindungi mobil dari paparan Sinar UV (ultra violet) yang dapat merusak cat mobil
    5. Mobil mudah dibersihkan dan dicuci
    6. Melindungi cat asli

So, cukup mudah kan memperbaiki baret pada bodi mobil? Jangan lupa setelah mobil bebas dari baret, lindungi dengan lapisan nano coating karena manfaatnya banyak.

Bekasi, 11 Agustus 2020

by Spyder Premium Coating

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *